[SIPIL - 2019] Studi Numerik Faktor Efisiensi Daya Dukung Aksial Kelompok Tiang FondasiArif Rahman Hakim Sitepu (21115008) / Ir. Idharmahadi Adha, M.T. / Teknik Sipil, 2019Fondasi adalah salah satu komponen utama dari suatu struktur. Fondasi berfungsi untuk mentransfer beban yang dipikul oleh fondasi tersebut dan kemudian disalurkan ke tanah. Kelompok tiang fondasi digunakan saat beban yang dipikul oleh tiang tunggal tidak mampu lagi untuk ditahan. Selain material, ni... |
[SIPIL - 2019] Analisis Interaksi Dinamis Antara Jembatan dan TanahDirga Andronikus Torong (21115061) / Prof. Ir. Binsar H. Hariandja, M.Eng., Ph.D. / Teknik Sipil, 2019Jembatan umunya digunakan untuk menghubungkan dua tempat yang terkendala, jembatan pada umumnya juga dibangun pada keadaan tanah yang buruk. Tugas akhir ini membahas struktur bawah jembatan (tiang) untuk interaksinya dengan tanah. Pada penulisan Tugas Akhir ini dilakukan perbandingan antara dua m... |
Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Metode Spt Dan Elemen Hingga Dengan Hasil Loading Test Aksial Pada Bore Pile TunggalAdler Elieser Simbolon / Syahidus Syuhada, S..T., M.T. / Teknik Sipil, 2024Dalam setiap bangunan diperlukan pondasi sebagai dasar bangunan yang kuat dan kokoh. Hal ini disebabkan pondasi sebagai dasar bangunan harus mampu memikul seluruh beban bangunan dan beban lainnya untuk diteruskan sampai ke lapisan tanah. Pada penelitian ini jenis pondasi yang di tinjau adalah pondas... |
ANALISIS PENGARUH VARIASI DIAMETER CONTIGUOUS BORED PILE PADA KESTABILAN LERENG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (STUDI KASUS : RUAS JALAN NASIONAL CIAWI -PUNCAK - CIANJUR)9991629091 / Erdina Tyagita Utami, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2024Lereng merupakan satu bentuk permukaan bumi yang membentuk sudut kemiringan tertentu dengan bidang vertikal bumi. Ketidakstabilan pada lereng dapat menyebabkan keruntuhan maupun kelongsoran pada lereng. Pada penelitian ini penulis memilih lereng pada ruas jalan Ciawi – Puncak – Cianjur sebagai s... |